Sabtu, 05 Juni 2010

SMA POMOSDA


SMA POMOSDA adalah pendidikan yang diselenggarakan di dalam pondok pesantren dengan membentuk dan menciptakan manusia seutuhnya dengan membentuk kesadaran akan NILAI DAN MAKNA HIDUP ( kecakapan hidup) pada KEMAMPUAN AFEKTIF (KECERDASAN SPIRITUAL), KEMAMPUAN AKADEMIK, KETRAMPILAN DAN PEMAHAMAN dan KESADARAN BERAGAMA.
Saat ini merupakan era yang sangat kental dengan ketidak-pastian, demikian pula dampaknya terasa pada sektor pendidikan. Nilai-nilai kemanusiaan, aturan, tatakrama, moral, budaya dipertanyakan eksistensinya.
Ketidak-pastian saat ini, pasti akan berakhir. Lahirnya ketidak-pastian sebagai titik awal menuju kepastian hakiki. Kepastian hakiki yang lahir atas kehendak Tuhan Sendiri yang meluruskan bagaimana pendidikan mestinya diorientasikan dan di jalankan.
Ketidak-pastian paradigma, nilai-nilai, visi, misi, tujuan, arah dan sasaran pendidikan, memiliki efek pada tata aturan, tata krama, moral, dan keringnya jiwa, bahkan terbentuknya jiwa-jiwa yang materialistik. Orientasi kesejahteraan dan kebahagiaan pada angka-angka nan material semata, orientasi fatamorgana, kekeliruan yang fatal pada dunia pendidikan.


PARADIGMA PENDIDIKAN-KERANGKA PIKIR.
Orientasi nilai-nilai moral dan mental dengan basis ketauhiddan, merupakan hal esensial guna menjawab tantangan pendidikan selama ini - hal ini tidak bisa tidak. Sehingga wawasan, ilmu pengetahuan, ketrampilan dan skil dan bahkan multi kecerdasan yang dimiliki kesemuanya didasarkan ke-Ilaahian, yakni terbentuknya manusia yang bersungguh-sungguh dalam berdunia, namun orientasi niat dan tujuannya murni guna dapat terproses menjadi hamba Allah, sehingga sewaktu-sewaktu mati - kepastian yang tidak bisa dihindari - dapat kembali kepada Allah SWT.
Disinilah POMOSDA menjawab ketidak-pastian menuju kepastian hakiki tersebut dengan mempersiapkan kader al-Arif Billah. Kader yang mengenali Keberadaan Diri Dzat Tuhan Yang Allah Nama-Nya, dengan sebenar-benarnnya mengenal.

Seja o primeiro a comentar

Copyright  ©Captain us POMOSDA Captain Us POMOSDA.

Designed by Alumni POMOSDA | Top